navbar

" STEP BY STEP TO LEARN "

Kamis, 09 Agustus 2012

Tips Merawat CD/DVD RW Agar Tahan Lama

Untuk saat ini cd-rom sudah digantikan dengan cd-rw lalu apa perbedaanya?cd-rom hanya bisa membaca dan menulis, sedangkan cd-rw dapat melakukan rewrite data yang sudah dibuat sebelumnya. Kenapa cd/dvd masih menjadi favorit? Karena cd/dvd tidak dapat kemasukan virus setelah dibakar dengan catatan file yang dibakar sebelumnya juga harus tidak boleh mengandung virus.

Kembali ke topik semula, berikut ini adalah beberapa tips cara merawat cd-rom agar awet dan tidak cepat rusak.
1. Saat memasukkan cd/dvd ke dalam cd/dvd drive pastikan posisinya sudah pas dan tidak meleset. Hal ini bertujuan agar nantinya cd/dvd yang andamasukkan bisa terbaca dengan baik

2. Pastikan cd/dvd yang anda masukkan tidak dalam keadaan kotor karena dapat merusak optik di dalam cd/dvd drive. Bersihkan cd/dvd anda dengan tisu atau kain bersih, atau jika ada bersihkan dengan pembersih khusus.

3. Matikan autorun. Jika fitur ini dalam keadaan hidup, maka setiap ada keping cd/dvd yang masuk akan otomatis berjalan tanpa perlu kita eksekusi.

4. Pastikan keadaan sekitar komputer anda selalu bersih terutama pada bagian cd/dvd drive. Ruangan yang kotor dan berdebu dapat mempengaruhi pembacaan dari optical drive yang sangat sensitif.

5. Jangan mengeluarkan cd/dvd saat sedang digunakan.

Semoga tips ini bermafaat bagi semua 

sekian & terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Labels